Image

BIMBINGAN TEKNIK SISKEUDES

Admin

Dibaca 44 kali

        Pengelolaan keuangan desa perlu menjadi perhatian penting bagi Pemerintahan Desa, mengingat kucuran dana yang diluncurkan kepada desa cukup besar dan setiap tahun mengalami peningkatan baik itu bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa, Bantuan Keuangan Desa, Bagi hasil pajak dan retribusi daerah, tanah kas desa dan sumber pendaatan lainnya yang sah. Pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan displin anggaran, Agar tata kelola keuangan desa lebih berkualitas dan tertib administrasi maka perlu adanya bimbingan teknis Sistem Pengelolaan Keuangan Desa ( Siskeudes ) kepada Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa ( selaku Operator Siskeudes )  dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kompetensi teknis dibidang pengelolaan keuangan desa, pembuatan RKPDes dan APBDes.

        Kegiatan Bimbingan Teknis Siskeudes di Kecamatan Dlanggu dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu hari Selasa s/d Kamis tanggal 3 s/d 5 Oktober 2017 bertempat di Aula Desa Pohkecik Kecamatan Dlanggu.

       Bimtek diikuti oleh 48 peserta perangkat desa yang khusus menangani keuangan desa, 16 orang Kepala Desa, Pejabat kecamatan yang menangani evaluasi APBDes, Pendamping Desa dan Nara Sumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto. Acara diawali oleh sambutan Bapak Camat Dlanggu dilanjutkan sambutan dari Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto.

        Output yang diharapkan dari Bimbingan Teknis adalah Masing-masing desa dapat mempratekkan dan menerapkan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa, membuat RKPDes dan APBDesa sehingga kedepannya pengelolaan keuangan desa dapat berjalan dengan tertib.

Link: